KETRAMPILAN DASAR MENGETIK 10 JARI


Pertama kali mempraktekkan teknik ini mungkin akan terasa berat sekali, apalagi kalau sudah lancar mengetik dengan 2 jari.
Tidak butuh kepintaran untuk jago teknik cara mengetik dengan cepat dan benar tanpa melihat keyboard ini, karena ini hanyalah ketrampilan dan ketrampilan bisda dimiliki hanya dengan sedikit belajar dan banyak latihan saja.
  • ·     Perhatikan pada saat pertama kali ingin mengetik menggunakan sepuluh jari maka mulailah dengan meletakkan kedua telunjuk di pada dua huruf yang ada tonjolannya, yakni telunjuk jari kiri pada huruf F dan tulunjuk jari kanan pada huruf J. ini digunakan agar fungsi dan tugas tiap jari yang sudah anda hafalkan bisa pas dan tidak salah saat menekan tombol keyboard.
  • ·     Selain itu, tanda di huruf f dan j berguna agar setelah tangan diangkat atau berpindah karena telah menekan tombol yang jauh seperti delete atau lainya maka kita bisa dengan cepat mengembalikan ke posisi dengan merabah dan tanpa menatap keyboard sama sekali.


Teknik dasar mengetik
Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
1.      Sejajar pergelangan tangan dengan telapak tangan upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang, jangan tegang.
2.      Posisi siku menggantung, pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
3.      Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4.      Tekan tombol dengan tenang jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
Bila tidak sedang mengetik lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda disaat mengetik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

posisi tangan pada keyboard